Home » , , , » 10 Fitur Penting Jet Tempur Qaher F-313 buatan Iran

10 Fitur Penting Jet Tempur Qaher F-313 buatan Iran

Jet Tempur Qaher F-313 buatan Iran
Panjang pesawat dirancag efektif untuk terbang pada ketinggian kurang dari 16 hingga 4 meter, kompartemen dengan kapasitas mampu membawa dua bom dengan 2000 pon, atau membawa banyak rudal pintar kecil, dan mampu membawa 6 rudal udara-ke-udara jenis R-17 atau PL-12.

Pada peringatan Revolusi Iran tahun 1979, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memperkenalkan jet tempur jenis destroyer bernama Qaher 313 (Conquer) yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan dan Logistik Angkatan Bersenjata Iran.

Berikut 10 besar karakteristik teknis dan data terkait jet tempur F-313 pada fitur dan penampilannya:
  1. Menggunakan dua inlet dan saluran inlet yang membentuk sistem induksi udara untuk mengalirkan udara ke mesin. Sudut langsung dari mesin masuk ke lubang udara, reflektifitas radar berkurang, dan itu membuat desain sedikit miring dari saluran inlet ke permukaan untuk mendapatkan gelombang energi radar, seperti di F-35.
  2. Pembuangan gas panas bercampur dengan udara dingin melalui saluran inlet, dan akan dingin kembali sebelum keluar dari sistem pembuangan, hal ini untuk mengurangi efek panas pada permukaan pesawat. Lihat gambar dibawah ini;
    Jet Tempur Qaher F-313 buatan Iran 1
  3. Bahan yang digunakan dalam tubuh pesawat semuanya anti radar yang menggunakan bahan khusus untuk menyerap energi gelombang dan mengurangi refleksi radar, dan menghasilkan efek yang lebih besar dari pesawat siluman Qaher F-313.
  4. Panjang pesawat dirancag efektif untuk terbang pada ketinggian kurang dari 16 hingga 4 meter, kompartemen dengan kapasitas mampu membawa dua bom dengan 2000 pon, atau membawa banyak rudal pintar kecil, dan mampu membawa 6 rudal udara-ke-udara jenis R-17 atau PL-12.
  5. Permukaan ekor relatif besar dan vertikal yang dirancang khusus untuk menciptakan stabilitas arah, sementara ekor vertikel miring dimaksudkan untuk memanfaatkan aerodinamis secara spesifik sesuai kemampuan manuver lateral.
  6. Kanopi yang sangat besar memberikan visibilitas manuver 360 derajat, dan sangat penting untuk penerbangan pada ketinggian rendah terutama membantu misi serangan darat dan misi dog-fights. Lihat gambar dibawah ini ;
    Jet Tempur Qaher F-313 buatan Iran 2
  7. Sayap miring adalah contoh sempurna dari desain asli pesawat tempur yang memberikan profil sisi seperti M, dan mirip profil W dan merupakan bentuk terbaik yang digunakan dalam jenis pesawat tempur.
  8. Siklus single landing gear adalah bukti lain kehebatan F-313 dari jenis pesawat tempur ringan, dengan berat terbang minimal 12 sampai 14 ton dan berat terbang maksimum 20 ton.
  9. Terdapat 8 tampilan dalam analog di kokpit yang menunjukkan teknologi Multi-Fungsi Display (MFD) pada jet tempur Qaher F-313. Lihat gambar dibawah ini ;
    Jet Tempur Qaher F-313 buatan Iran 3
  10. Tuas kemudi F-313 normal dan mengunakan sistem kontrol permukaan yang menggerakkan sayap, kemudi, dan stabilizer vertikal hidrolik, dan tidak dirancang dengan sistem penerbangan jenis by-wire (FBW). Dan banyak pesawat jenis tempur saat ini yang masih menggunakan tuas kontrol "side-steering".

Komputer muka di rancang dengan perangkat lunak (CATIA) yang digunakan untuk merancang F-313, dan metode analisis aerodinamis memakai computational fluid dynamics (CFD).

Memakai bantuan teknologi generasi baru dari jaringan lunak numerik (GAMBIT), perangkat lunak analisis aliran (FLUENT) dan desain perangkat lunak numerik lainnya yang menunjukkan karya ilmiah lengkap dan sempurna di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi buatan dalam negeri yang digunakan untuk jet tempur Qaher F-313.


 ©~~~~~~~~~
Sumber : ISLAM TIMES
URL : www.islamtimes.org
Editor : Original Contens
Post : AR

©~~~~~~~~~
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

 

Copyright © 2013. CELANA DALAM CEWEK - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger