Home » » Di Amerika Serikat Ayam Cemani Bisa Seharga 50 Jutaan Lho..

Di Amerika Serikat Ayam Cemani Bisa Seharga 50 Jutaan Lho..

Ayam Cemani
 celanadalam-cewek - Ayam Cemani bukan hanya digilai orang Indonesia saja. Di Amerika Serikat, ayam yang sekujur tubuhnya berkelir hitam ini juga jadi favorit. Bahkan harganya melambung tinggi. Sepasangnya bisa dihargai sampai 5 ribu dollar AS atau di kisaran Rp 50 jutaan.

Jelas ada alasan mengapa Cemani begitu berharga di Amerika Serikat. Seorang peternak ayam Cemani, Paul Bradshaw  menyebut unggas tersebut masuk kategori langka dan sulit berkembang biak. Selain itu, Cemani memiliki kekhasan yang tak dimiliki ayam jenis lain.

"Benar-benar cantik meski warnanya hanya hitam legam saja,” katanya, seperti dikutip dari Phoenix New Times, Rabu (15/8/2013).

Konon ayam cemani ini memiliki warna hitam yang sangat sempurna dengan presentase 100 % warna keseluruhan nya hitam, bahkan sampai warna daging tulang dan darahnya semuanya berwarna hitam, warna hitam menyelimuti seluruh tubuh dari bagian luar, hingga bagian dalam/jeroan nya, mulai dari tenggorokan, rongga mulut, lidah, semua nya hitam.

Mulut Ayam Cemani

Melihat dari kriteria dan ciri-ciri tersebut inilah yang disebut & di klaim sebagai : “Ayam Cemani Asli” atau sering juga disebut dengan julukan (Hayam Hideung) kata orang Sunda.

Perlu diketahui, ayam ini sudah eksis di Eropa sejak 1998. Kala itu, sejumlah eksportir mengirimkan ayam tersebut dan konon dikaitkan dengan Black Chicken Swedia.

Ayam Cemani berasal dari Ayam keturunan kedu hitam, yang di seleksi memiliki kemurnian warna hitam dengan ciri khas bentuk jengger tunggal bergerigi (jantan).

Entah berapa generasi seleksi tersebut dilakukan demi untuk populasi dan kelestarian nya. Namun yang sangat memperihatinkan hingga saat ini populasinnya semakin berkurang dan menyusut dibandingkan populasi Ayam Cemani 100 tahun yang lalu, mengingat ayam ini sulit untuk di kembangbiakan hingga beranak-pinak, ke regenerasi anak dan turunan nya,…

Hal inilah yang membuat Ayam Cemani ini kini menjadi semakin langka, dan sulit di dapatkan, sehingga ayam ini menjadi banyak di buru dan di cari orang, hingga saat ini hanya segelintir orang saja yang memiliki nya.


©~~~~~~~~~
Sumber : Berbagai Sumber
URL : -
Editor : Agung Riyanto
Post : AR

©~~~~~~~~~
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

 

Copyright © 2013. CELANA DALAM CEWEK - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger